foto1
KKL dan Pengabdian
foto1
Cintai Bumi
foto1
Hima dan KPU
foto1
Pelantikan Ibu Farida, S.Si., M.Sc

Login Form

Sistem Informasi

Sejarah Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat

 

Program Studi Pendidikan Geografi salah satu program studi yang ada di STKIP PGRI  Sumatera Barat. Program Studi ini  dibuka berdasarkan surat izin Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah I pada Tanggal 22 Mei 1984 No.115/SK/KOP/I/1984 dengan jenjang program S1/AIV yang menyiapkan guru yang berwenang penuh mengajar pada SLTA dan program D III yang menyiapkan guru yang berwenang penuh mengajar pada SLTP dan sebagai guru muda dengan kewenangan mengajar satu bidang studi. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.0536/0/1986 Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI  Sumatera Barat ditingkatkan statusnya dari izin operasional menjadi terdaftar. Pada tahun 1990 Program Studi Pendidikan Geografi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.7027/0/1990 tanggal 11 Desember 1990  ditingkatkan statusnya dari Terdaftar menjadi Diakui.

Program Studi Pendidikan Geografi sudah tiga periode terakreditasi C. Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor 025/BAN-PT/Ak-XV/SI/VIII/2012 Tanggal 15 Agustus 2012 sampai dengan 15 Agustus 2017 terakreditasi C dengan skor 290 mendekati skor untuk nilai B. Selanjutnya belum habis masa akreditasi tersebut, Program Studi Pendidikan Geografi melaksanakan reakreditasi pada bulan November 2015. Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 0369/SK/BAN-PT Akred/S/IV/2016  menetapkan nilai dan peringkat akreditasi Program Studi Sarjana Pendidikan Geografi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sumatera Barat Terakreditasi dengan Nilai 322 Peringkat B (Baik) berlaku selama 5 (lima) tahun 2016 s/d 2021.

Pengembangan Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat lima tahun terakhir berpedoman pada Renstra yang merupakan proses pendewasaan. Kondisi saat ini Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat menunjukkan bahwa STKIP PGRI Sumatera Barat telah berada pada kelembagaan dan manajemen yang baik. Sejalan dengan visi STKIP PGRI Sumatera Barat yang menjangkau jauh kedepan, tuntutan untuk Menjadi Program Studi Unggul di Bidang Keguruan dan ilmu Pendidikan Geografi yang Kompetitif  di Wilayah Sumatera Tahun 2026, masih merupakan tantangan yang harus diwujudkan. Upaya untuk mewujudkannya, Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat berkomitmen untuk meningkatkan pengabdian dan memberikan pelayanan yang baik.

Dalam lima tahun ke depan Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat akan melakukan pengembangan yang berfokus pada (1) Pengembangan Sistem Manajemen Dan Administrasi, (2) Pengembangan Iklim Kehidupan, (3) Peningkatan Mutu Dan Relevansi, (4) Perluasan Akses, (5) Peningkatan Kerjasama, (6) Pengembangan Ketenagaan, Dan (7) Peningkatan Sarana Dan Prasarana. Dilihat dari substansinya, kebijakan yang dituangkan dalam Renstra 2014-2018 merupakan kelanjutan dan penguatan dari kebijakan yang telah direalisasikan pada Renstra Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat 2008-2012. Hal ini menunjukkan bahwa esensi tugas dan tanggung jawab institusi pendidikan tinggi tidak bergeser jauh dari misi utamanya dalam mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi yang diperkaya dengan tugas dan tanggung jawab tambahan lainnya sesuai dengan dinamika yang terjadi dilingkungan internal dan eksternal.

Namun demikian, pada Renstra Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat 2014-2018 ini dikembangkan program baru yang diyakini dapat mempercepat pencapaian visi Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat.